Sunday 2 October 2016

Resep buat jenang

Resep Membuat Jenang Khas Jawa


 RATU KULINER – Resep cara membuat jenang khas jawa, jenang khas jawa adalah jenis jajanan atau panganan khas jawa yang bentuknya menyerupai madu mongso dan dodol,rasanya lembut manis dan
kenyal,mempunyai warna coklat karena adanya bahan pemanis yang berasal dari gula merah atau gula jawa asli.Hampir disetiap sudut daerah JAWA banyak dijual oleh-oleh khas jawa yaitu jenang khas jawa.Buat kalian yang rumahnya luar daerah jawa dan ingin mencicipi bagaimana rasanya jenang khas jawa dapat membuat sendiri di rumah dengan melihat resep cara membuat jenang kudus persembahan ratu kuliner.

Jenang khas jawa sendiri awalnya memiliki rasa original yaitu wijen gula merah,namun sekarang sudah mulai banyak yang kreatif dengan membuat variasi rasa seperti rasa jahe,durian,nangka,wijen,susu,strowbery dan masih banyak lagi aneka rasa lainya. Jenang kas jawa juga sudah menjadi jajanan wajib yang harus ada di meja ruang tamu saat hari raya lebaran. Kebanyakan orang yang dari luar daerah jawa masih sulit untuk membedakan antara jenang dengan madu mongso, sedikit perbedaan yang terdapat pada jenang dan madu mongso adalah kalau jenang terbuat dari tepungberas ketan sedangkan madu mongso terbuat dari tape ketan,ada yang menggunakan tape ketan hitam dan ada juga yang menggunakan tape ketan putih tergantung selera masing-masing.

Agar lebih jelasnya berikut dibawah ini adalah resep kue lebaran tentang cara membuat jenang khas jawa yang dapat kalian ikuti langkah-langkah pembuatanya:

Hasil gambar untuk jenang


Resep Membuat Jenang Khas Jawa

Bahan untuk membuat jenang khas jawa:
-Tepung beras 1 kg
– Tepung ketan 250 gram
– Gula merah 1 ½ kg, dicairkan
– Gula pasir 200 gr, dicairkan
– Wijen 100 gram
– Santan 1500 ml (dari 2 butir kelapa)

Langkah bikin/memproses kue jenang khas jawa khusus :
1. terlebih dulu campur tepung beras serta tepung ketan.
2. setelah itu tuang santan kedalam wajan,masukkan tepung beras dan tepungketan yang sudah    dicampur.
3. berikan gula pasir, gula merah dan wijen.kemudian aduk rata. Lantas dimasak hingga jadi adonan yang kental serta kalis sembari diaduk-aduk kurang lebih selama 3 jam. Angkat serta biarkan dingin.
4. adonan jenang khas jawa itu dipotong-potong sama sesuai selera, lantas dibungkus memakai plastik hingga habis.
5. jenang khas jawa siap dihidangkan.


Hasil gambar untuk jenang

This Is The Oldest Page

1 komentar so far

jenang ini kalau di daerahku sudah menjadi suatu adat atau ciri khas pada saat ada orang yang sedang mengadakan pernikahan ataupun khitanan.Nah untuk kalian semua yang sedang mencari mesin mixer, bisa iya kalian buka link ini iya http://dayyamesin.com/jual-mixer-roti/.Di dayya mesin ini sudah menyediakan mesin yang sudah berkualitas dan juga sudah terjamin, jadi tak usah ragu lagi iya.


EmoticonEmoticon